Selasa, 23 September 2014

SEJARAH SINGKAT KOMPUTER

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengelola data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
dalam defisi seperti itu terdafat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulay dari abakus dan seterusnya,sampay semua komputer elektronik yang kontemporer 
saat ini komputer sudah semakin canggih,tetapi kondisi sebelumnya tidak sekecil,secanggih,sekeren dan seringan sekarang.menurut sejarah perkembangan ada 5 generasi dalam serjarah komputer.

Generasi pertama,komputer dikembangkan dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan perang, khusus nya perang dunia kedua.perkembangn selanjut nya terjadi dibuatnya Electronic Numerical Integrator and computer (ENIAC).Pada tahun 1945,Von Neuman (1903-1957) mendesain Electronik Numerical Integrator and Computer.
Generasi kedua, salah satu contoh generasi yang kedua ini adalah  IBM 1401 diterima secara luas di kalangan industri pada perkembangan selanjutnya , lahir beberapa bahasa pemprograman, seperti common business-oriented language (COBOL) dan formula translator (FORTRAN).
generasi ketiga, munculnya komputer untuk memperbaikikomputer generasi sebelumnya. pada tahun 1958 jack kilby mengembangkan sirkuit terintegrasi (integrated circuit/IC), yang mengombinasikan tiga komponen electronic dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
generasi keempat, ditandai dengan upaya pengecilan ukran sirkuit dan komponen-komponen elektrik menjadi large scale integration (LSI). memungkin ratusan komponen termuat dalam sebauh chip. tahun 1980 muncul very large scale integgration (VLSI).pada tahun 1981 IBM memperkenalkan personal komputer (PC) untuk penggunaan dirumah,kantor,dan sekolah
generasi kelima,cukup sulit didefenisikan, karena saat ini dalam periode awal mula.contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Artur C ,Clarke berjudul 2001; Space Odyssey.HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah kompiter generasi kelima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar